Pages

Rabu, 02 Oktober 2013

SERAT TRIPAMA


a.         Latar belakang Serat Tripama

 Serat Tripama merupakan karya sastra berbentuk tembang Dhandanggula yang berjumlah tujuh bait. Serat Tripama muncul pada zaman Mangkunegaran, diciptakan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV (KGPAA Mangkunegara IV) di Surakarta. Tripama diterbitkan pertama kali dalam kumpulan karya Mangkunegara IV, jilid III (1927). Serat tripama berisi ajaran keprajuritan, tiga tokoh pawayangaan yang ditampilkn sebagai teladn keprajuritan, yaitu Suwanda, Kumbakarna, dan Busukarna.
Serat ini diperkirakan ditulis pada tahun 1860an dengan tujuan agar dijadikan sebagai panutan dan sumber inspirasi untuk diambil suri tauladanya tidak hanya bagi prajurit tetapi juga para pemimpin maupun masyarakat agar mampu melaksanakan tugas sesua peran dan garisnya masing-masing.

b.         Cerita Serat Tripama

Tripama secara umum berisi nasehat mengenai keteladanan para tokoh wayang. Dibawah ini  beberapa kutipan lengkap naskah asli dan terjemahan “ Serat Tripama “ (dikutip dari buku ‘Tiga Seri Teladan’ oleh Kamajaya yang kemudian disesuaiakan dengan Buku ‘Serat Tripama’ oleh Dimas Hendri,SH dan sumber-sumber lain) :


Dhandhanggula
1.
Yogyanira kang para prajurit,
Lamun bisa samya anulada,
Kadya nguni caritane,
Andelira sang Prabu,
Sasrabau ing Maespati,
Aran Patih Suwanda,
Lalabuhanipun,
Kang ginelung tri prakara,
Guna kaya purunne kang denantepi,
Nuhoni trah utama,
1.
Seyogianya para prajurit,
Bila dapat semuanya meniru,
Seperti masa dahulu,
(tentang) andalan sang Prabu,
Sasrabau di Maespati,
Bernama Patih Suwanda,
Jasa-jasanya,
Yang dipadukan dalam tiga hal,
(yakni) pandai mampu dan berani (itulah) yang ditekuninya,
Menepati sifat keturunan (orang) utama.       
2.
Lire lalabuhan tri prakawis,
Guna bisa saniskareng karya,
Binudi dadi unggule,
Kaya sayektinipun,
Duk bantu prang Manggada nagri,
Amboyong putri dhomas,
Katur ratunipun,
Purunne sampun tetela,
Aprang tandhing lan ditya Ngalengka aji,
Suwanda mati ngrana.
2.
Arti jasa bakti yang tiga macam itu,
Pandai mampu di dalam segala pekerjaan,
Diusahakan memenangkannya,
Seperti kenyataannya,
Waktu membantu perang negeri Manggada,
Memboyong delapan ratus orang puteri,
Dipersembahkan kepada rajanya,
(tentang) keberaniannya sudahlah jelas,
Perang tanding melawan raja raksasa Ngalengka,
(Patih) Suwanda dalam perang.
Dua bait pertama mengisahkan tentang Bambang Sumantri yang bergelar Patih Suwanda yang merupakan patih raja Arjuna Sastrabahu  (Maespati), ia merupakan contoh abdi yang sangat setia dan teguh dalam menjalankan tugas yang diembankan kepadanya untuk memboyong putri (Citrangada) dan 800 pengiringnya. Dalam syair diatas kita dapat mengemukakan tiga sifat keprajuritan patih suwanda.
a.       Guna: berareti ahli, pandai dan trampil dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, Patih Suwanda selalu membekali diri dengan ilmu dan ketrampilan.
b.      Kaya: saat patih suwanda diutus raja, dia kembali dengan membawa harta hasil rampasan perang. Akan tetapi, hasil rampasan itu tidak dipergunakan sendiri tapi diserahkan kepada negara.
c.       Purun : artinya pemberani, suwanda selalu tampil  dengan semangat menyala-nyala tanpa pamprih.
3.
Wonten malih tuladan prayogi,
Satriya gung nagari Ngalengka,
Sang Kumbakarna namane,
Tur iku warna diyu,
Suprandene nggayuh utami,
Duk awit prang Ngalengka,
Dennya darbe atur,
Mring raka amrih raharja,
Dasamuka tan keguh ing atur yekti,
De mung mungsuh wanara.
3.
Ada lagi teladan baik,
Satria agung negeri Ngalengka,
Sang Kumbakarna namanya,
Padahal (ia) bersifat raksasa,
meskipun demikian (ia) berusaha meraih keutamaan,
sejak perang Ngalengka (melawan Sri Ramawijaya),
ia mengajukan pendapat,
kepada kakandanya agar selamat,
(tetapi) Dasamuka tak tergoyahkan oleh pendapat baik,
Karena hanya melawan (barisan) kera.
4.
Kumbakarna kinen mangsah jurit,
Mring kang rak sira tan lenggana,
Nglungguhi kasatriyane,
Ing tekad datan purun,
Amung cipta labih nagari,
Lan nolih yayahrena,
Myang luluhuripun,
Wus mukti aneng Ngalengka,
Mangke arsa rinusak ing bala kali,
Punagi mati ngrana.
4.
Kumbakaran diperintah maju perang,
Oleh kakandanya ia tidak menolak,
Menepati (hakekat) kesatriaannya,
(sebenarnya) dalam tekadnya (ia) tak mau,
(kesuali) melulu membela negara,
Dan mengangkat ayah-bundanya,
Telah hidup nikmat di negeri Ngalengka,
(yang) sekarang akan dirusak oleh barisan kera,
(kumbakarna) bersumpah mati dalam perang.
Bait ke tiga dan keempat ini berkisah tentang Kumbakarna seorang raksasa yang merupakan adik dari Prabu Dasamuka (Rahwana)  dari Alengka. Ia merupakan sosok yang memiliki jiwa kesatria serta semangat cinta tanah air. Saat Alengka diserang oleh tentara kera, kumbakarna turut maju, bukan untuk membantu kakaknya yang bersalah melainkan untuk maju sebagi seorang kesatria yang berusaha membela dan mempertahankan tanah kelahiran dan tanah peninggalan leluhurnya. Dan pada akhirnya ia pun gugur dimedan perang.
5.
Wonten malih kinarya palupi,
Suryaputra Narpati Ngawangga,
Lan Pandhawa tur kadange,
Len yayah tunggil ibu,
Suwita mring Sri Kurupati,
Aneng nagri Ngastina,
Kinarya gul-agul,
Manggala golonganing prang,
Bratayuda ingadegken senapati,
Ngalaga ing Korawa.
5.
Baik pula untuk teladan,
Suryaputera raja Ngawangga,
Dengan Pandawa (ia) adalah saudaranya,
Berlainan ayah tunggal ibu,
(ia) mengabdi kepada Sri Kurupati,
Dijadikan andalan,
Panglima di dalam perang Bratayuda,
(ia) diangkat menjadi senapati,
Perang di pihak Korawa.
6.
Minungsuhken kadange pribadi,
Aprang tandhing lan sang Dananjaya,
Sri Karna suka manahe,
Dene sira pikantuk,
Marga dennya arsa males-sih,
Ira sang Duryudana,
Marmanta kalangkung,
Dennya ngetog kasudiran,
Aprang rame Karna mati jinemparing,
Sumbaga wirotama.
6.
Dihadapkan dengan saudaranya sendiri,
Perang tanding melawan Dananjaya,
Sri Karna suka hatinya,
Karena (dengan demikian) ia memperoleh jalan untuk membalas cinta kasih,
Sang Duryudana,
Maka ia dengan sangat,
Mencurahkan segala keberaniannya,
(dalam) perang ramai Karna mati dipanah (musuhnya),
(akhirnya ia) mashur sebagai perwira utama.

Bait ke 5 dan 6  berkisah tentang (Suryaputra)  Adipati Karna. Siapa yang tak mengenal sisi fenomenal Adipati Karna. Adipati Karna dicatat sebagai menantu yang tak terlalu berbakti pada mertuanya, Prabu Salya. Yang paling dilematis adalah ketika Kunti, ibu kandungnya, memintanya untuk bergabung dalam barisan perang Pandawa. Adipati Karna menolak. Ia memilih bertarung dengan Arjuna, adik seibu yang seimbang kepiawaiannya dalam memanah. Ia berutang budi pada Duryudana dan telah bersumpah untuk membalas persaudaraan itu dengan sebuah loyalitas dan memegang teguh janjinya sebagi sumpah setia untuk membalas budi prabu Kurupati. Dan loyalitas itu ia buktikan hingga hembusan nafas terakhirnya. Nilai itulah yang dalam Tripama dituliskan untuk dapat menjadi inspirasi bagi para pembacanya.
7.
Katri mangka sudarsaneng Jawi,
Pantes lamun sagung pra prawira,
Amirita sakadare,
Ing lalabuhanipun,
Aja kongsi mbuwang palupi,
Manawa tibeng nistha,
Ina esthinipun,
Sanadyan tekading buta,
Tan prabeda budi panduming dumadi,
Marsudi ing kotaman.
7.
Ketiga (pahlawan tersebut) sebagai teladan orang Jawa,
Sepantasnyalah semua para perwira,
Mengambilnya sebagai teladan seperlunya,
(yakni) mengenai jasa-bakti-nya,
Janganlah sampai membuang teladan,
Kalau-kalau jatuh hina,
Rendah cita-citanya,
Meskipun tekad raksasa,
Tidaklah berbeda usaha menurut takdirnya (sebagai) makhluk,
Berusaha meraih keutamaan.
Bait terakhit berisi bahwa tiga tokoh tersebut merupakan tokoh yang patut diteladan bagi orang jawa, yang perlu diambil jasa bakti serta keteladanannya untuk mencapai keutamaan dan kemuliaan.
c.       Makna filosofi yang terkandung dalam Serat Tripama:
·    Serat Tripama mengandung konsep bela negara yang tertuang dalam setiap syairnya.
·     Ajaran tentang cinta tanah air demi kepentingan bangsa dan negara
·    Bahwa kepentingan bangsa dan negara haruslah diutamakan diatas kepentingan pribadi.

Sumber: Hendri, Dimas. 2008. Serat Tripama. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

3 komentar: